top of page

Terungkap! Makna Dresscode “Hitam” yang dikenakan Nissa Sabyan Gambus di Video Klip Sapu Jagat

Updated: Mar 24, 2021

Nissa Sabyan Menangis di Video Klip "Sapu Jagat" Source Instagram : nissa_sabyan
Nissa Sabyan Menangis di Video Klip "Sapu Jagat" | Source Instagram : nissa_sabyan

Saat ini sudah tidak terdengar asing jika tidak mengenal Nissa Sabyan. Yapp! selain dikenal dengan vokalis bersuara merdu dari Sabyan Gambus, dengan lagu-lagu bertema religi. Pesona paras cantik dan outfit yang stylish pun sangat lekat pada dirinya. Namun isu hangat yang ramai diperbincangkan tak kalah menggemparkan netizen.


Nissa diduga menjadi orang ketiga dalam pernikahan Ayus Sabyan dan Ririe Fairus. Bungkamnya Nissa dari media sosial membuat isu perselingkuhan masih misteri. Seolah mengungkap misteri dengan merilis lagu “Sapu Jagat”, akhirnya video klip pun menjadi sorotan banyak orang. Lalu apa makna dresscode “Hitam” yang dikenakan oleh Nissa dan Sabyan Gambus? Berikut fakta-faktanya:


1. Pertengahan abad-19 Hitam = Berduka

Ratu Victoria Pakaian Hitam
Ratu Victoria pencetus baju hitam dengan tanda berduka | Source : Wikipedia

Pertengahan abad-19 Ratu Victoria merupakan pencetus bertanda duka dengan menggunakan pakaian berwarna hitam selama 40 tahun, ketika ditinggal pergi selamanya oleh sang suami Pangeran Albert. Hal itu dilakukan sebagai bentuk terakhir rasa kehilangan dengan menghormati dan menghargai.


2. Hitam = Formal & Elegan

Gabrielle Channel Parfum Outfit Hitam
Gabrielle Channel perancang mode revolusioner dan pembuat parfum terkenal di dunia | Source : Wikipedia

Istilah Black Tie sebagai dresscode untuk acara resmi atau pesta mewah, diatas pukul 6 malam identik dengan laki-laki mengenakan pakaian serba hitam dan wanita mengenakan little black dress (LBD). Tahun 1926 warna hitam tidak dianggap sebagai pakaian formal, namun Gabrielle “Channel” membuat skesta di majalah Vogue Amerika Serikat yang merubah LBD adalah pakaian elegan yang harus dimiliki oleh semua wanita.


3. Hitam = Kepribadian Nyaman & Tertutup

Psikolog Intan Erlita Pakaian Hitam
Intan Erlita seorang pembawa acara televisi dan mantan model Indonesia | Source : Liputan6

Menurut Psikolog Intan Erlita, orang yang menyukai pakaian berwarna hitam memiliki kepribadian yang suka dengan kenyamanan dan cenderung tertutup. Kepribadian yang tertutup dirasakan ketika berada di lingkungan baru, lalu timbul rasa kenyamanan? Eitss tentunya bukan kenyamanan cinta yaaa! namun warna hitam ini sangat membuat dirinya nyaman ketika dikenakan.


4. Hitam = Kekuatan

Nissa Sabyan Gambus Outfit Hitam Video Klip
Nissa Sabyan dalam video klip "Sapu Jagat" | Source Youtube : SABYAN

Dalam simbolisme psikologi, warna hitam menggambarkan ketagasan dan kekuatan dalam diri manusia dengan memiliki makna sebagai perasaan yang dalam, kemarahan, kesedihan, harga diri, perlindungan, sesuatu yang negatif, mengikat, kekuatan, misteri. Lalu makna yang mana yang cocok untuk video klip “Sapu Jagat”? mari kita ketahui lebih jauh.


5. Hitam = Ketakutan

Nissa Sabyan Gambus Outfit Hitam
Nissa Sabyan dalam Video Klip "Sapu Jagat" | Source Youtube : SABYAN

Warna hitam memiliki arti ketakutan berdasarkan simbolisme psikologi. Hal ini berkaitan dengan warna yang gelap, tidak berwarna dan kental akan suasana seram.


6. Hitam = Kejahatan

Nissa Sabyan Gambus Ayus Selingkuh Outfit
Nissa dan Ayus Sabyan dalam Video Klip "Sapu Jagat" | Source Youtube : SABYAN

Dari segi simbolisme psikologi, warna hitam juga mempunyai ciri khas akan kejahatan. Hal ini berkaitan dengan perbuatan yang jahat, adanya pembrontakan dan agresi. Sehingga kejahatan erat dengan perspektif negatif.


7. Hitam = Ketenangan & Kekuasaan

Nissa Sabyan Gambus Outfit Hitam
Nissa Sabyan dalam Video Klip "Sapu Jagat" | Source Youtube : SABYAN

Hitam mempunyai khas akan ketenangan berdasarkan simbolisme psikologi yang artinya warna hitam ini merupakan warna netral, bisa dipadupadankan dengan warna apa saja. Warna hitam juga raja dari segala warna. Untuk itu seakan-akan warna hitam ini mempunyai kekuasaan.


8. Hitam = Keanggungan

Berdasarkan simbolisme psikologi warna hitam memiliki keanggunan dimana orang yang mengenakannya akan terlihat elegan. Walaupun outfit yang dikenakan secara casual namun kesan elegan tersebut tetap terlihat stylish.



Nah dari fakta-fakta diatas, ternyata warna hitam memiliki makna positif dan negatif sesuai konteksnya masing-masing. Menurut kalian Nissa dan Sabyan Gambus mengenakan dresscode “hitam” di video klip “Sapu Jagat” mewakili perasaan mereka yang berduka, style yang formal dan elegan, memiliki kepribadian nyaman dan tertutup, rasa kekuatan, ketakutan, kejahatan, ketenangan, kekuasaan atau keanggunan? Tulis di kolom komentar dibawah ini yaaaaa.

36 views0 comments

Comments


bottom of page