top of page

Mengintip Gaya Busana Aurra Kharisma di Miss Grand International

Updated: Apr 6, 2021


Aurra Kharisma di Miss Grand International | Source: Instagram @aurrakharisma

Aurra Kharisma sebagai perwakilan Indonesia di ajang Miss Grand International 2020 sukses menyabet gelar runner up 3. Gelar ini sukses ia dapatkan setelah berkompetisi melawan 63 kontestan lainnya yang kemudian dieliminasi lagi menjadi lima besar.


Kontes kecantikan yang digelar di Bangkok, Thailand akhir Maret lalu itu menampilkan sederet kontestan dari berbagai negara dengan penampilan busana terbaiknya masing-masing. Tampil menawan, Aurra Kharisma memeragakan Evening Gown dan National Costume yang berhasil mencuri perhatian bahkan sempat viral. Yuk, langsung intip penampilan busana Aurra Kharisma!


Gaun yang Mencerminkan Namanya

Aurra Kharisma mengenakan The Aurora Dress | Source: Instagram @aurrakharisma

Wiki Wu, desainer yang merancang Evening Gown Aurra Kharisma di malam Pra-Eliminasi menjelaskan makna di balik pembuatan gaun tersebut.


"Saat aku diminta sama Ivan, aku langsung riset dari namanya, Aurra Kharisma. Aurra adalah warna cakra, yang terdiri dari tiga warna, yakni violet dan ungu kebiruan. Warna ungu ini memancar ke seluruh tubuh. Seolah-olahnya ada bintang-bintang kecil yang menyebar dan menari di tubuhnya," tutur Wiki Wu dalam keterangannya kepada wartawan.


Wiki menjelaskan pembuatan gaun The Aurora Dress tersebut tidaklah mudah hingga ia harus melibatkan 10 orang tukang payet professional demi tiap detail kecil yang ia kerjakan.


"Bagiku gaun ini harus menonjolkan tubuh Aurra yang sempurna banget. Makanya dibuat transparan, dengan motif bintik-bintik yang flownya diatur sedemikian rupa. Detail itu kita tempelkan dulu di kertas, lalu kita tempel tulle warna huenya, setelah itu kita payetin satu persatu. Rumit tapi hasilnya memuaskan," tambahnya.


Hasilnya tidak sia-sia. The Aurora Dress yang memiliki tampilan transparan dan berkilau tersebut berhasil menuai respon positif dari para juri. Ivan Gunawan pun mengakui gaun rancangan anak didiknya itu sangat indah dan bangga karena Indonesia yang membuatnya.


“Penampilan Aurra sempurna banget. Tubuh serta kaki jenjang yang dimiliki Aura, makin membuat gaun ini cantik dan perfect. Warnanya juga beda dari gaun peserta lainnya. Aku bangga banget liat Aurra,” ungkap Ivan Gunawan.


Kostum Bertajuk Sate Madura

Aurra Kharisma dalam balutan kostum The Edacious of Chicken Satay | Source: Instagram @aurrakharisma

Sebelumnya di sesi National Costume, Aurra Kharisma tampil membawakan kostum bertema The Edacious of Chicken Satay. Kostum yang dikenakan oleh gadis asal Majalengka itu sukses mencuri perhatian dengan keunikan yang merepresentasikan kekayaan budaya kuliner di Indonesia. Sekadar info, ternyata sate Madura merupakan makanan favoritnya Aurra, lho!


Kostum unik karya Jember Fashion Carnival ini dipilih langsung oleh Ivan Gunawan dengan alasan untuk menampilkan hidangan favorit masyarakat Indonesia secara lengkap, mulai dari proses bakaran hingga saat disajikan di piring.


Menariknya, kostum sate Madura yang dikenakan oleh gadis berusia 21 tahun ini juga terdiri dari dua model.


"Bagian bakaran yang menyala bisa dibuka seperti sayap kupu-kupu dan menampilkan sepiring sate yang siap disantap. Benar-benar konsep yang sangat unik, segar, dan tentunya Indonesia banget," terang Ivan Gunawan.


Selain itu, Aurra Kharisma juga melengkapi penampilan kostumnya dengan mengenakan pakaian adat Madura untuk pria, yaitu pesaan yang biasanya dipakai pedagang sate saat berjualan.


Penampilan Aurra Kharisma malam itu memang tampak memukau dan mencuri perhatian, bahkan sempat viral. Bagaimana tidak, Ivan Gunawan benar-benar menyiapkan kostum nasional ini secara detail hingga aksesoris penunjang yang tidak kalah unik.


"Saya orangnya detail. Maka saya pilih setiap aksesoris yang digunakan Aurra Secara detail, mulai dari head piece sampai ke kipas-kipasnya. Saya ingin total menampilkan budaya kuliner Indonesia ini di ajang kecantikan tingkat Internasional," lanjutnya.



Nama : Karenza Salma Syahira

NPM : 210104180158

88 views0 comments

Comments


bottom of page